WELCOME


Terima Kasih Anda Telah Mengunjungi Situs Karya Anak Padangpanjang....Kami Tunggu Anda Di Kota Kecil Yang menyimpan berjuta ke Indahan Ini.......http://media-isril.blogspot.com

Kamis, 12 Juni 2008

Padang Panjang Letak dan Geografis

Kota Padang Panjang sebagai salah satu daerah Tingkat II di Sumatera Barat yang beriklim sejuk dengan luas 23 km2 membentang 100020’ – 100030’ Bujur Timur dan 0027’ – 0032’ Lintang Selatan. Wilayahnya berada disekitar Gunung Merapi, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikat. Daerah ini adalah dataran tinggi bergelombang yang memiliki ketinggian antara 650 sampai 850 meter di atas permukaan laut dengan curah hujan cukup tinggi. Suhu udara maksimum mencapai 26,10C dan minimum 21,80C. Tanahnya merupakan tanah jenis andosol yang subur dan sangat baik untuk usaha pertanian.

Dalam akses perhubungan kota ini sangat mudah dijangkau dari segala arah karena posisinya yang berada di persimpangan jalan Padang, Bukittinggi, Batusangkar dan Solok serta dilewati jalan Lintas Sumatera. Letak geografis yang strategis ini sangat signifikan untuk prospek perkembangan perekonomian kota ini.

Secara keseluruhan kota ini berbatasan dengan wilayah Kabupaten sebagai berikut :
· Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar
· Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar
· Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar
· Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar

Tidak ada komentar: