WELCOME


Terima Kasih Anda Telah Mengunjungi Situs Karya Anak Padangpanjang....Kami Tunggu Anda Di Kota Kecil Yang menyimpan berjuta ke Indahan Ini.......http://media-isril.blogspot.com

Kamis, 12 Juni 2008

Potensi Ekonomi dan Peluang Bisnis di Padang Panjang

Kota Padang Panjang dengan wilayah yang tergolong kecil cukup memiliki potensi ekonomi. Sektor-sektor yang kontribusinya cukup besar terhadap perekonomian Kota Padang Panjang adalah sektor Jasa, Perdagangan, Hotel, Restoran, Industri dan Pertanian. Produksi ternak, hortikultura, pertanian dan tanaman pangan adalah komoditi penting di kawasan itu.

Pertumbuhan ekonomi disebabkan oleh pertumbuhan masing-masing sektor yang membentuk nilai tambah ekonomi suatu daerah yang merupakan informasi penting tentang pembangunan yang dicapai.

Untuk menunjang kegiatan ekonomi di Kota Padang Panjang, ada beberapa Lembaga Keuangan yang melayani transaksi keuangan antara lain, Bank Nagari, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank BNI, disamping itu masih ada lembaga lainnya seperti Koperasi swasta, Koperasi Pegawai Negeri (KPN), Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Badan Revolving Pemerintah Daerah, dan lain-lain.

Selanjutnya, industri yang menonjol di Kota Padang Panjang adalah industri Batu Kapur dan industri Hilir Kulit telah menjadi sektor industri swasta utama di kawasan itu selama beberapa tahun terakhir.

Endapan kapur yang terdapat di Kota Padang Panjang ada sekitar 16.500.000 m3 atau setara dengan 43.065.000 ton, dan merupakan cadangan kapur terbesar di Sumatera Barat dengan kualitas kapur yang baik untuk berbagai industri kapur.

Sebagai daerah pegunungan dengan hutan yang relatif masih asri serta curah hujan yang relatif tinggi, Kota Padang Panjang memiliki sumber daya air yang cukup melimpah dalam bentuk sungai dan mata air pegunungan. Hal ini membuka peluang tumbuhnya industri air kemasan yang saat ini menjadi kebutuhan terutama masyarakat perkotaan. Sekarang sudah ada sebuah industri air minum kemasan yang terus berkembang karena memang kualitas air di Kota Padang Panjang sangat baik untuk diminum.

Daging segar adalah salah satu komoditi penting kota ini. Sudah menjadi Trade mark bahwa daging yang diproduksi di Kota Padang Panjang memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan daging yang berasal dari daerah lainnya, produksi daging segar ini ditunjang oleh sebuah Rumah Potong Hewan (RPH) Pemda Kota Padang Panjang dengan kapasitas pemotongan sapi berkisar ± 40 ekor/hari.

Selain itu Kota Padang Panjang juga dipenuhi oleh industri makanan ringan seperti jagung goring, keripik talas dan pergedel jagung khas Padang Panjang yang sangat banyak diminati para pendatang dari luar Kota Padang Panjang. Mereka yang lewat di Padang Panjang sengaja menikmati Sate atau perkedel jagung khas kota ini.

Selain industri di atas, Padang Panjang juga cukup dikenal dengan kerajinan kulit dan bordir. Usaha kerajinan border cukup banyak tersebar di Kota Padang Panjang dan pemasaran produknya sudah sampai ke mancanegara.

Tidak ada komentar: