WELCOME


Terima Kasih Anda Telah Mengunjungi Situs Karya Anak Padangpanjang....Kami Tunggu Anda Di Kota Kecil Yang menyimpan berjuta ke Indahan Ini.......http://media-isril.blogspot.com

Kamis, 12 Juni 2008

Sarana Kesehatan

Jaringan pelayanan kesehatan di Kota Padang Panjang tersebar di dua kecamatan yang ada. Kota Padang Panjang mempunyai tiga buah Rumah Sakit. Dua buah Rumas Sakit Umum Pemerintah Daerah dan satu lagi Rumah Sakit Islam milik Yayasan Rumah Sakit Islam (RSI Yarsi). Rumah Sakit Umum lama Kota Padang Panjang bisa menampung 60 orang pasien di dalam 6 ruang bangsal (IGD dan bersalin). Sementara itu Rumah Sakit Modern baru Kota Padang Panjang yang terletak di kawasan yang dikelilingi panorama indah di kelurahan Ganting Gunung menyelenggarakan pelayanan medis (Gigi, mata, kebidanan, bedah, penyakit dalam, anak, THT, roentgen, syaraf) dan sebuah Unit Instalasi Gawat Darurat yang siap sedia 24 jam.

Selain Rumah Sakit Umum, Pemerintah Kota Padang Panjang juga menyediakan dua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan tujuh Puskesmas Pembantu yang tersebar merata di kedua Kecamatan yang ada. Puskesmas menyelenggarakan pelayanan kesehatan meliputi klinik bayi, kesehatan ibu, bantuan untuk orang yang cacat, serta rujuk ke Dokter Spesialis.

RSI Yarsi adalah sebuah Rumah Sakit Swasta yang dilengkapi prasarana tempat tidur sebanyak 50 buah. Rumah Sakit ini melayani perawatan bedah, ibu hamil, paediatric dan perawatan medis, dan lain-lain.

Satu lagi terobosan baru dalam hal pelayanan kesehatan yang berhasil diraih pemerintah daerah Kota Padang Panjang di era Suir Syam - Adirozal ini adalah seluruh warga kota serambi mekah ini bisa menikmati layanan berobat gratis di RSUD dan Puskesmas-Puskesmas dengan menggunakan KTP, dalam arti setiap jiwa yang sudah terdaftar sebagai penduduk yang berdomisili di Padang Panjang sudah dibayarkan premi asuransi kesehatannya kepada PT. ASKES dengan anggaran APBD.

Kebijakan pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Padang Panjang perlu didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana dan prasarana kesehatan yang memadai. Hal ini disebabkan jangkauan pelayanan pada jajaran kesehatan di Kota Padang Panjang tidak hanya melayani pasien yang berasal dari Kota Padang Panjang sendiri namun juga pasien dari daerah tetangga termasuk Kecamatan Batipuh X Koto dan 2x11 Enam Lingkung.

Tidak ada komentar: